Share/Bookmark

The Monkey King (2014)

Imdb Rating: 5.1/10.
Sutradara: Cheang Pou-soi
Produser: Kiefer Liu, Michael Wehrhahn, Robert Harris
Skenario: Szeto Kam-Yuen, Edmond Wong, Lola Huo, Dali Chen
Dibintangi oleh: Donnie Yen, Chow Yun-fat, Aaron Kwok, Joe Chen, Peter Ho, Kelly Chen, Zhang Zilin, Gigi Leung, Xia Zitong, Louis Fan
Bahasa: Mandarin, Cantonese
Durasi: 84 menit
Biaya Produksi: 82 juta dolar
Genre: Action, Adventure, Family

Subtitle Indonesia: BluRay

The Monkey King adalah film fantasi Hongkong-Cina tahun 2014 yang disutradarai oleh Cheang Pou-Soi dan dibintangi oleh Donnie Yen. Produksi film dimulai di Beijing pada tanggal 8 Oktober 2010 dan difilmkan dalam bentuk 3D. Alur cerita didasarkan pada episode Perjalanan ke Barat, sastra klasik Cina yang ditulis pada Dinasti Ming oleh Wu Cheng’en. Film ini dirilis pada tanggal 31 Januari 2014.

Sinopsis The Monkey King (2014):

Untuk film ini, saya tidak akan menulis banyak jalan ceritanya, dikarenakan memang alur ceritanya itu-itu saja. Atau bisa baca di sini, tentang Sun Go Kong.

Film ini menceritakan tentang lahirnya Raja Kera, Sun Go Kong. Ia dilahirkan dari sebuah kristal milik Dewi Nuwa. Awalnya, setelah terjadi peperangan di Langit, Kerajaan Langit hancur. Kemudian datanglah Dewi Nuwa, yang mengorbankan dirinya menjadi ribuan Kristal untuk memperbaiki Langit. Setelah Lagit diperbaiki, ribuan Kristal itu menjadi satu, membentuk seperti batu Kristal yang besar, jatuh ke Bumi, dimana didalam batu itu terbentuklah seekor Kera (semacam mengandung). Kera itu lahir dari Kristal. Di tempat lain, Dewi Kwan Im datang menemui seorang Guru bernama Bodhi. Ia menyuruh Guru tersebut untuk menemukan Kera itu, untuk mengajari Kera itu menjadi makhluk yang berbudi luhur. Lalu Guru Bodhi mengangkat Kera itu menjadi muridnya dan memberinya nama Sun Go Kong.

Sun Go Kong menjadi hebat setelah berguru dengan Bodhi. Sun Go Kong kembali ke asalnya di Gunung Huaguo, dimana para kerabat Sun Go Kong ada di sana. Kemudian ia masuk ke Laut Timur dan menemui Raja Naga untuk meminjam senjata. Setelah berusaha keras, akhirnya Sun Go Kong mendapatkan tongkat sakti dari Raja Naga itu, yang mengakibatkan bencana tsunami.
Disisi lain, Raja Siluman yaitu Siluman Kerbau, masih berencana untuk merebut tahta Langit. Ia memanfaatkan Sun Go Kong, karena hanya Sun Go Kong yang mampu menerobos Gerbang Langit Selatan, yang diciptakan oleh Dewi Nuwa saat memperbaiki Langit. Di dalam Kerajaan Langit, Sun Go Kong selalu bermusuhan dengan Er Lang Shen, si mata tiga. Itu karena Er Lang Shen ingin berkhianat untuk menghancurkan Langit dan bekerja sama dengan Siluman Kerbau. Er Lang Shen tidak suka dengan Sun Go Kong.

Di Bumi, di Gunung Huaguo, seluruh kerabat Sun Go Kong mati, termasuk Siluman Rubah yang adalah teman kecilnya. Hal itu membuat Sun Go Kong marah, dan Siluman Kerbau mengomporinya dengan mengatakan bahwa Langit-lah yang melakukannya.

Akhirnya Sun Go Kong dan Siluman Kerbau membuat kekacauan di Langit, yang akhirnya Sun Go Kong sadar bahwa Siluman Kerbau-lah dalang dibalik semua ini. Sun Go Kong berbalik menghajar Siluman Kerbau. Siluman Kerbau berubah menjadi raksasa, begitu juga dengan Go Kong, berubah menjadi Kera raksasa. Siluman Kerbau kalah, tanduknya patah, dan kemudian berubah menjadi kerbau dengan tanduk yang terpotong. Setelah peristiwa yang sudah terlanjur terjadi, akhirnya Sun Go Kong dikurung di bawah Gunung Lima Jari oleh Buddha selama 500 tahun dan menunggu misi berikutnya.

Untuk subtitle ini, nama seperti Sun Wukong, Puti, dll, saya terjemahkan berdasarkan yang ada di wikipedia yang saya cantumkan di atas tentang Sun Go Kong:

Sun Wukong: Sun Go Kong.
Master Puti: Guru Bodhi.
Jade Emperor: Kaisar Giok.
Great Sage equal of Heaven: Bikkhu Agung, Berpangkat Setara dengan Langit.

Dll.

* Mohon untuk tidak copy-paste tulisan ini.

HOME | ABOUT | CONTACT |

Copyright © 2011 Archangel Home | Subscene | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER

ad size ad size ad size ad size
ad size ad size ad size ad size