Share/Bookmark

Mama (2013)

Film dimulai dengan tulisan: 

"Once upon a time..." (Suatu ketika…)

Kemudian dilanjut dengan suara radio dari sebuah mobil yang sedang menjelaskan mengenai krisis pasar saham dan meningkatnya pembunuhan dan bunuh diri, terutama baku tembak di sebuah perusahaan keuangan.

Seorang pria bernama Jeff (Nikolaj Coster-Waldau) berjalan ke rumahnya dan mengambil kedua putrinya, Victoria dan Lilly. Victoria adalah anak pertama Jeff. Jeff membawa anak-anaknya ke dalam mobil dan mengendarainya dengan cepat. Saat itu salju memenuhi jalanan, sehingga membuat jalanan menjadi licin. Victoria mengeluh karena Ayahnya mengemudi terlalu cepat, lalu Ayahnya membalas keluhan Victoria dengan berteriak untuk diam. Saat itulah mobilnya tergelincir masuk lembah.

Sementara itu, banyak polisi berada di rumah Jeff. Kemudian saudara kembarnya, Lucas (Nikolaj Coster-Waldau) menghampiri datang dan bertanya pada polisi tentang saudaranya. Dia khawatir sesuatu terjadi pada keponakannya. Tapi polisi melarangnya untuk masuk ke dalam rumah.

Setelah mobil Jeff masuk lembah, Jeff meninggalkan mobil dan membawa anak-anak masuk ke dalam hutan. Saat meninggalkan mobil, radio mobil terus menyala dan menjelaskan tentang Jeff yang telah melakukan penembakan terhadap dua rekan kerjanya dan mantan istrinya serta menculik kedua putrinya. Setelah menelusuri hutan, mereka menemukan sebuah kabin yang sudah tidak terpakai atau sudah lama ditinggalkan oleh pemiliknya. Sebelum mereka masuk, Victoria merasa melihat ada seseorang di dalam kabin itu. Setelah masuk, Jeff menyalakan api di tempat pengapian. Kemudian Jeff menuju ke sebuah ruangan dimana ia merasa menyesal atas semua yang ia lakukan. Dia menangis dan mengambil sebuah pistol dengan niat bunuh diri. Namun hal itu tidak ia lakukan. Setelah itu, Jeff menghampiri Victoria yang sedang menatap ke luar rumah melalui jendela. Jeff berniat untuk membunuh Victoria. Jeff mengambil kacamata Victoria, agar ia tidak bisa melihat apa yang ada di tangan Ayahnya, yaitu pistol. Kemudian Jeff mengatakan pada Victoria dengan alasan ada rusa di luar. Sehingga Victoria berbalik badan melihat ke arah luar. Posisi badan Victoria membelakangi Ayahnya. Sedangkan Ayahnya menodongkan pistolnya ke arah Victoria. Tetapi hal itu tidak terjadi, karena sesosok wanita mengerikan tiba-tiba muncul di belakang Jeff, menariknya dan membawanya pergi. Jeff lenyap. Victoria melihat kejadian itu, tapi ia tidak bisa melihat dengan jelas (blur/ buram) karena tidak memakai kacamata. Ia hanya bisa memanggil “Ayah, ayah…” Kini Victoria dan Lilly hanya bisa diam di kabin itu, duduk di depan perapian. Saat duduk di depan perapian, mereka berdua mendengar suara, dan melongok ke arah suara itu. Tiba-tiba buah beri menggelingging ke arah mereka. Dan suara dari kegelapan itu, muncullah sesosok wanita tadi.

5 tahun kemudian, kita akan menjumpai Lucas lagi dan pacarnya Annabel (Jessica Chastain). Mereka terus mencari keponakan-keponakannya itu. Pada siang hari, 2 orang yang merupakan teman dari Lucas yang juga sedang mencari berada di hutan dan menemukan sebuah mobil milik Jeff yang akhirnya mereka berdua menemukan kabin itu berkat anjing yang mereka bawa. Mereka mencoba masuk ke dalam kabin itu. Begitu sunyi suasana di kabin itu. Salah satu dari mereka melihat setumpukan biji buah ceri. Saat mereka tengah melihat-lihat keadaan kabin itu, tiba-tiba muncullah makhluk liar yang jalannya seperti merangkak.

Annabel sedang bermain bersama band rock-nya. Lucas datang dan memberitahunya bahwa keponakannya telah ditemukan. Annabel merasa tidak percaya.

Anak-anak itu kini berada di sebuah ruangan dalam pengawasan Dr. Gerald Dreyfuss (Daniel Kash), yang merupakan seorang psikiater. Lucas diijinkan untuk masuk ruangan itu, untuk menemui mereka. Saat masuk, Lucas butuh waktu agar mereka bisa beradaptasi. Lucas memberi Victoria sebuah kacamata dan menatap Lucas. Victoria memanggil Lucas dengan sebutan “Ayah” lalu memeluk Lucas. Ia mengira bahwa Lucas adalah Ayahnya. Tapi Lucas menjelaskan bahwa dirinya bukan Ayahnya, tapi Pamannya, Paman Lucas.

Dalam pengadilan, ada sebuah sengketa hukum atas hak asuh antara Lucas dan Annabel dengan Bibi Jean (Jane Moffat), orang kaya, yang merupakan saudari dari mantan istri Jeff. Jean ingin membawa anak-anak itu ke luar negeri. Lucas dan Annabel diberi sebuah rumah dari sebuah lembaga secara gratis untuk merawat anak-anak itu.

Annabel bertemu dengan salah satu pemain bandnya, dan ternyata mereka harus pindah ke rumah khusus yang berada di sebuah lokasi yang dirahasiakan. Dreyfuss juga ingin mereka melakukan ini sehingga ia bisa memantau perkembangan anak-anak itu, dan jika mereka ikut dengan Jean, ia tidak bisa mengetahui perkembangan anak-anak itu. Teman band bertanya pada Annabel mengapa dia tidak bisa melupakan saja anak-anak itu dan meninggalkan Lucas. Annabel mengatakan bahwa dirinya tidak pernah bisa melakukan itu, dan dia akhirnya berhenti dari band.

Dreyfuss memberitahu Lucas dan Annabel bahwa anak-anak itu terus berbicara dengan seseorang yang mereka sebut sebagai "Mama." Saat bertemu dengan anak-anak, Lilly menyebut Annabel "Mama", yang Annabel tidak suka. Victoria mencoba bersikap normal, tapi Lilly masih bertindak liar. Victoria pergi bermain dengan anjing yang sama pada hari Ayahnya membawa mereka. Ini menjadi jelas bahwa sosok ini yang kini (yang disebut sebagai Mama) di rumah mengawasi anak-anak. Annabel bahkan mengaku mendengar seseorang menyanyikan lagu pengantar tidur kepada mereka dengan suara yang lebih rendah.

Suatu malam, Lucas didorong oleh Mama hingga menghantam pagar kayu yang ada di atas rumah kemudian jatuh dari atas tangga. Annabel menghampirinya, dan ia dimasukkan ke dalam rumah sakit, kini Lucas dalam keadaan koma. Annabel khawatir hanya dia satu-satunya yang mengasuh anak-anak, karena dia tidak tampak siap untuk melakukan tugas ini.

Annabel memiliki waktu yang sulit untuk berkomunikasi dengan anak-anak dan merawat mereka. Dia mencoba untuk memberi kasih sayang pada Victoria, tapi Mama tidak akan mengijinkannya. Sementara itu, ada sebuah penyelidikan dilakukan mengenai sosok Mama ini, saat ia masih hidup. Kita akan melihat tentang seorang pasien di sebuah rumah sakit bernama Edith yang memiliki kelainan secara fisik (mungkin Down Syndrome, tetapi tidak pernah secara eksplisit dinyatakan sebagai penyakit itu).

Annabel membawa anak-anak untuk mengunjungi Lucas di rumah sakit setelah ia pulih. Malam itu, Lucas memiliki mimpi di mana ia melihat Jeff, mati dan hampir roboh, memberitahu dia untuk melindungi putrinya, sambil menunjuk ke arah hutan.

Kita akan lihat Annabel yang sedang bermimpi mengenai Mama, saat ia masih hidup (kilas balik). Mama (saat itu dia bernama Edith) keluar dari tempatnya dan menusuk seorang biarawati, kemudian mengambil anaknya. Karena ia dikejar ke hutan, ia berjalan ke tepi tebing, dan setelah beberapa saat, ia melompat bersama bayinya dan menghantam sebuah cabang saat ia terjun ke bawah. Mama jatuh ke dalam danau, dan bayi itu tewas.

Jean pergi untuk mengunjungi anak-anak, dan setelah beberapa saat, dia memarahi dan mengancam Annabel. Dia menyebut sejumlah layanan sosial dan menuduh bahwa Annabel telah melakukan penganiayaan pada anak-anak (karena memar di wajah mereka), kemudian Jean pergi keluar dari rumah itu dan menelepon seseorang dan bertanya berapa banyak bukti yang harus dia kumpulkan untuk masalah ini.

Drefyuss datang untuk bertemu dengan Victoria dan memiliki beberapa sesi dengannya. Drefyuss belajar lebih banyak tentang Mama melalui Victoria dan mulai percaya cerita-cerita yang telah ia baca mengenai Mama ini. Ketika Drefyuss yang tampaknya menekan Victoria untuk bercerita tentang Mama, hantu itu mulai muncul di dinding, menakutkan Dreyfuss hingga keluar dari ruangan itu.

Suatu malam, Lilly memanjat keluar dari jendela mengikuti Mama. Pada pagi harinya Annabel mendapati Lily berada di luar yang sedang kedinginan. Dia mencoba untuk menenangkannya, tapi dia menampar Annabel. Setelah perjuangan kerasnya, Annabel akhirnya mampu menenangkannya dengan memberi napas di tangan Lilly, yang sepertinya Lilly menyukainya, saat ia menunjukkan padanya cara yang tepat untuk melakukannya. Ini adalah bukti pertama sisi keibuan Annabel yang telah ditunjukkannya, dan bahkan dia menyadari itu. Dia memaku jendela agar tak bisa dibuka demi melindungi anak-anak.

Saat melanjutkan penelitiannya, Dreyfuss menemukan mayat anak Mama, dan kemudian pergi ke kabin untuk mengetahui lebih lanjut. Namun, dia tahu kehadiran Mama disitu, dan karena suasan kabin saat itu sangat gelap, Dreyfuss mulai mengambil kameranya, memanfaatkan cahaya dari kamera tersebut. Menangkap sekilas secara singkat sebelum dia tercekik lehernya dan mati.

Annabel pergi ke kantor Dreyfuss untuk mencari tahu apa lagi yang Dreyfuss ketahui tentang Mama, tapi sekretarisnya telah mengetahui kematian Dreyfuss. Ketika sekretaris itu pergi meninggalkan mejanya, Annabel masuk ke dalam ruang Dreyfuss dan mencuri laptop dan semua berkas yang berhubungan dengan Mama. Dia melihat berkas video dan melihat informasi tentang Edith dan sesi Dreyfuss dengan Victoria, serta mengetahui mengenai mayat bayi milik Edith. Karena hal ini terjadi, Lucas meninggalkan rumah sakit dan pergi untuk mencari lokasi yang ditunjukkan oleh Jeff saat itu.

Kecemburuan dan kemarahan Mama menjadi lebih besar dari waktu ke waktu. Dia menyerang Annabel, hampir mengisap jiwanya, meski Victoria memohon padanya untuk berhenti. Sebelum Annabel dibunuh, Jean masuk ke rumah, dan Annabel tidak sadarkan diri. Mama pergi lantai bawah dan memiliki tubuh Jean, kemudian menculik anak-anak.

Annabel sadar, dan mengetahui anak-anak telah hilang. Dia pergi ke hutan dan berjumpa dengan Lucas, dan bersama-sama, mereka menuju ke kabin itu. Di dalam kabin, mereka melihat tubuh Jean, yang kini kosong, runtuh ke tanah dan hancur. Mereka menemukan anak-anak sedang duduk di dekat tebing di mana Edith melompat, dan Mama sedang bersiap untuk mengambil anak-anak terjun bersamanya. Untuk mencegah hal ini terjadi, dan untuk menghentikan Mama, Annabel mengeluarkan mayat bayinya dan memberikan kepada Mama. Mama memegang mayat bayi itu dan wajah Mama muncul kembali ke bentuk normal dan mulai berjalan di tepi tebing itu.

Kemudian, Lilly menyebut Mama, dan dia kembali ke bentuk buruknya. Dia melumpuhkan Lucas dan kemudian mengambil anak-anak. Annabel mencoba untuk menyelamatkan mereka, tetapi Mama memegang kembali anak-anak dan memperingatkan Annabel untuk tetap tidur (posisi tidur) sehingga dia tidak akan terluka. Meskipun demikian, ia mampu memegang Victoria, tapi hanya Victoria. Victoria memohon dengan Lilly untuk tinggal, tapi Lilly mengatakan bahwa Victoria harus ikut dengan dirinya dan Mama. Setelah beberapa saat menangis, Lilly berjalan bersama Mama, dan Victoria tetap bersama Annabel.

Roh Mama terjun ke bawah bersama Lilly, mereka saling menatap sejenak di udara, di mana Lilly tersenyum dan Mama tampak tenang. Mereka menghantam cabang itu lagi, dan roh mereka terpisah menjadi sebuah bentuk kupu-kupu (penampilan Mama sepanjang film). Di tepi tebing, Victoria dan Annabel menangisi Lilly kemudian Lucas datang dan memeluk mereka. Tiba-tiba, seekor kupu-kupu yang agak berwarna biru muncul dan hinggap di tangan Victoria. Victoria menyadari bahwa kupu-kupu berwarna biru itu adalah Lilly. Kemudian kupu-kupu itu terbang menghampiri kita sebagai penonton (ke arah kamera).

IMDb Rating: 6.4/ 10
Sutradara: Andrés Muschietti
Pemain: Jessica Chastain, Nikolaj Coster-Waldau, Megan Charpentier

* Tulisan ini boleh dicopy dengan mencantumkan alamat blog ini.

HOME | ABOUT | CONTACT |

Copyright © 2011 Archangel Home | Subscene | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER

ad size ad size ad size ad size
ad size ad size ad size ad size