Share/Bookmark

Thor: The Dark World (2013)

Imdb Rating: 7,6/10.
Sutradara: Alan Taylor
Produser: Kevin Feige
Cerita: Don Payne, Robert Rodat
Berdasarkan: “Thor” oleh Stan Lee, Larry Lieber, Jack Kirby
Dibintangi oleh: Chris Hemsworth, Natalie Portman, Tom Hiddleston Anthony Hopkins, Stellan Skarsgård, Idris Elba, Christopher Eccleston, Adewale Akinnuoye-Agbaje, Kat Dennings, Ray Stevenson, Zachary Levi, Tadanobu Asano, Jaimie Alexander, Rene Russo
Bahasa: Inggris
Durasi: 112 menit
Biaya Produksi: 170 juta dolar
Genre: Action, Adventure, Fantasy

Subtitle Indonesia: BluRay

Thor: The Dark World adalah Film superhero Amerika tahun 2013 yang menampilkan karakter Marvel Comics Thor. Film ini merupakan film kedua Thor setelah Thor tahun 2011 dan angsuran kedelapan dalam Cinematic Marvel Universe. Film ini disutradarai oleh Alan Taylor, dengan skenario oleh Christopher Yost, Christopher Markus dan Stephen McFeely, dan dibintangi oleh Chris Hemsworth, Natalie Portman, Tom Hiddleston, Stellan Skarsgård, Idris Elba, Kat Dennings, Ray Stevenson, Tadanobu Asano, Jaimie Alexander, Rene Russo dan Anthony Hopkins yang mengulangi peran mereka dari film Thor yang pertama, dengan pendatang baru Christopher Eccleston, Adewale Akinnuoye-Agbaje , Zachary Levi dan Clive Russell. Pembuatan film Thor: The Dark World dimulai pada bulan April 2011, ketika produser Kevin Feige mengumumkan rencana pembuatan sekuel untuk mengikuti alur dari Film Marvel, The Avengers.

Pada bulan Juli 2011, Kenneth Branagh, sutradara Thor, mengundurkan diri dari proyek tersebut. Brian Kirk dan Patty Jenkins dipertimbangkan untuk menyutradari film tersebut sebelum Taylor dikontrak pada bulan Januari 2012. Para pemain pendukung diisi pada bulan Agustus 2012, dengan mengontrak Eccleston, Dennings dan Akinnuoye-Agbaje. Pemotretan utama dimulai pada bulan September 2012 di Surrey, Inggris dengan melanjutkan syuting di Islandia dan London, sebelum dirampungkan pada bulan Desember 2012. Thor: The Dark World dikonversi menjadi 3D pada pasca-produksi. Thor: The Dark World ditayangkan perdana di Odeon Leicester Square di London pada tanggal 22 Oktober 2013. Dan dirilis secara internasional pada tanggal 30 Oktober 2013, dan pada tanggal 8 November 2013, di Amerika Serikat.

Sinopsis Thor: The Dark World (2013):

Ribuan tahun yang lalu, Bor, ayah dari Odin, berselisih dengan Peri Kegelapan, Malekith, yang berusaha menghancurkan alam semesta dengan menggunakan senjata yang dikenal sebagai Aether. Setelah menaklukan pasukan Malekith, termasuk prajurit tertinggi yang disebut Kursed, di Svartalfheim, Bor mengamankan Aether di dalam tiang batu. Tanpa sepengetahuan Bor, Malekith, Letnannya yaitu Algrim, dan sejumlah Peri Kegelapan melarikan diri dengan mati suri.
Asgard pada masa kini, Loki dipenjara karena kejahatannya saat di Bumi. Sementara itu, Thor, bersama prajurit Fandral, Volstagg dan Sif mengusir perusak di Vanaheim, rumah rekan mereka, Hogun; ini pertempuran terakhir dalam perang untuk menentramkan Sembilan Dunia diikuti dengan pembangunan kembali Bifrost, “Jembatan Pelangi” antar dunia, yang telah hancur 2 tahun sebelumnya. Orang Asgard segera mengetahui bahwa Penyatuan, kesejajaran Sembilan Dunia, sudah dekat, portal yang menghubungkan dunia-dunia muncul secara acak.

Di London, astrofisikawan Dr. Jane Foster dan asistennya Darcy Lewis menuju ke sebuah pabrik kosong di mana portal tersebut muncul dan mengacaukan hukum fisika di sekitar mereka. Terpisah dari teman-teman, Jane tersedot ke dunia lain, di mana dia terinfeksi oleh Aether. Heimdall mengingatkan Thor bahwa Jane tidak bisa dilihat oleh mata Heimdall, yang kemudian Thor pergi ke Bumi. Ketika Thor menemukan Jane, secara tidak sengaja Jane melepaskan kekuatan aneh itu, dan Thor membawa Jane ke Asgard. Odin menyadari bahwa yang ada di dalam tubuh Jane adalah Aether, memperingatkan bahwa Aether tidak hanya akan membunuh Jane, tapi bencana dahsyat bagi Alam Semesta.

Malekith, dibangunkan oleh lepasnya Aether itu, ternyata Algrim menjadi Kursed dan menyerang Asgard. Selama pertempuran, Malekith dan Algrim mencari Jane, merasakan bahwa dia berisi cairan Aether.Ibu Thor, Frigga terbunuh demi melindungi Jane. Malekith dan Algrim terpaksa melarikan diri tanpa mendapatkan Jane. Meskipun perintah Odin tidak boleh ada yang meninggalkan Asgard, Thor dengan terpaksa meminta bantuan Loki. Hanya Loki yang tahu lokasi portal rahasia menuju Svartalfheim, di mana mereka akan menggunakan Jane untuk memancing dan menghadapi Malekith. Sebagai imbalannya, Thor menjanjikan Loki sebuah pembalasan untuk Malekith karena telah membunuh ibu mereka. Bersama Volstagg dan Sif yang sedang menghadapi pasukan Asgard dan Fandral membantu pelarian mereka, Thor, Loki, dan Jane menuju Svartalfheim.

Sesampainya Svartalfheim, mereka dihadapi oleh Peri Kegelapan. Thor dan Loki siap untuk menghadapi mereka. Tapi Loki mengkhianati Thor dengan memotong pergelangan tangan Thor, Loki menyerahkan Jane pada Malekith. Saat Malekith ingin mengeluarkan Aether dari tubuh Jane, Thor yang sedang kesakitan karena tangannya, mengatakan pada Loki untuk melakukannya sekarang, yang ternyata ini adalah strategi Thor dan Loki untuk menghancurkan Aether. Pergelangan tangan Thor kembali utuh (triknya Loki), kemudian Thor menghancurkan Aether itu menggunakan palunya yang mengeluarkan petir. Aether itu ternyata tidak hancur dan berhasil masuk ke dalam tubuh Malekith. Salah satu monster milik Malekith, mencoba membunuh Thor, tapi dari belakang Loki menusuk monster itu, tapi tidak mati, justru Loki yang ditarik oleh monster itu ke pedang yang tertancap di tubuh monster, Loki tertusuk pedang itu lalu mati. Monster itu mati karena alat yang berada di tubuh monster itu diaktifkan oleh Loki, lalu meledak. Thor menggendong Loki kepelukannnya dan berjanji akan mengatakan pada Ayahnya Thor bahwa Loki telah rela mati untuk Thor.

Setelah itu, Thor dan Jane menemukan Portal lain di sebuah gua di dekatnya dan portal itu membawa mereka kembali ke London bertemu dengan Darcy, dan mentor Jane Dr. Erik Selvig – yang agak sedikit gila karena trauma mental yang ia derita saat serangan Loki di Bumi (The Avengers). Mereka mengetahui bahwa Malekith berencana untuk menghancurkan alam semesta dan mengembalikan Peri Kegelapan menguasainya dengan melepaskan Aether di pusat Penyatuan yang ada di Greenwich. Penyatuan itu terjadi, dunia-dunia saling terkoneksi/ terhubung. Thor melawan Malekith melalui berbagai portal dan di beberapa dunia sampai satu portal memisahkan mereka, meninggalkan Malekith di Bumi tanpa perlawanan dari Thor. Thor kembali ke Bumi untuk membantu Jane dengan menggunakan peralatan ilmiah mereka untuk mengangkut Malekith kembali ke Svartalfheim, di mana ia mati tertindih oleh kapalnya sendiri yang rusak.

Thor kembali ke Asgard, di mana ia menolak tawaran Odin untuk mengambil tahta dan menceritakan pada Odin tentang pengorbanan Loki saat itu. Saat Thor selesai bicara pada Odin, yang kemudian pergi, bentuk Odin berubah menjadi Loki yang tersenyum.

Ada sebuah adegan di pertengahan kredit, Volstagg dan Sif mengunjungi seorang Kolektor dan mempercayakan Aether padanya untuk disimpan. Aether tidak bisa disimpan di Asgard karena di Asgard sudah menyimpan Tesseract, terlalu berbahay untuk menyimpan senjata dahsyat dalam satu tempat. Ketika mereka pergi, Kolektor mengatakan, "1 didapat, 5 lagi."

Ada sebuah adegan lagi di paling akhir setelah kredit, Jane dan Thor bersatu di Bumi, sementara di sebuah pabirk di London dimana Jane dan teman-teman menemukan portal, sebuah rakasa dari Jotunheim (Thor 1), yang tanpa sengaja terbawa masuk ke portal menuju Bumi selama pertempuran Thor dengan Malekith saat itu, ia berlarian seperti anjing dan sedang mengejar burung-burung.

* Mohon untuk tidak copy-paste tulisan ini.

HOME | ABOUT | CONTACT |

Copyright © 2011 Archangel Home | Subscene | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER

ad size ad size ad size ad size
ad size ad size ad size ad size