Share/Bookmark

Ender’s Game (2013)

Imdb Rating: 7,1/10. 1 win & 3 nominations.
Sutradara: Gavin Hood
Produser: Roberto Orci, Alex Kurtzman, Gigi Pritzker, Linda McDonough, Robert Chartoff, Lynn Hendee, Orson Scott Card, Ed Ulbrich
Cerita: Gavin Hood
Berdasarkan novel: “Ender's Game” oleh Orson Scott Card
Dibintangi oleh: Asa Butterfield, Harrison Ford, Hailee Steinfeld, Viola Davis, Abigail Breslin, Ben Kingsley
Bahasa: Inggris
Durasi: 114 menit
Biaya Produksi: 110 juta dolar
Genre: Action, Adventure, Sci-Fi

Subtitle Indonesia: BluRay

Ender’s Game adalah film Sains Fiksi Amerika tahun 2013 berdasarkan novel dengan judul yang sama oleh Orson Scott Card. Disutradari dan cerita oleh Gavin Hood. Asa Butterfield sebagai Andrew “Ender” Wiggin, seorang anak yang memiliki bakat luar biasa yang dikirim ke akademi militer di luar angkasa untuk mempersiapkan penyerangan alien di masa depan. Selain itu ada Harrion Ford, Hailee Steinfeld, Viola Davis, Abigail Breslin dan Ben Kingsley.
Film ini dirilis di Jerman pada tanggal 24 Oktober 2013, sehari kemudian di Inggris dan Irlandia. Di Amerika Serikat, Kanada dan beberapa negara lainnya pada tanggal 1 November 2013, dan akan dirilis di banyak negara lainnya hingga Januari 2014.

Sinopsis Ender’s Game (2013):

Pada tahun 2086, sebuah spesies asing yang disebut Formic menyerang Bumi. Mazer Rackham (Ben Kingsley), seorang Komandan pasukan menyerang dan mengorbankan diri dengan menabrakkan pesawatnya ke kapal induk Formic.

50 tahun kemudian, seorang kadet muda bernama Andrew Ender Wiggin mengalahkan Stilson (Caleb J. Thaggard) di sekolah dalam sebuah permainan, sementara Kolonel Hyrum Graff (Harrison Ford) dan Gwen Anderson (Viola Davis) memperhatikan mereka di Armada Internasional melalui alat pemantau yang ada di leher bagian belakang Ender. Setelah Ender mengalahkan Stilson dalam permainan itu, Ender diperintahkan untuk ke ruang kesehatan. Di sana alat pemantau Ender dicabut. Setelah Ender keluar dari ruangan kesehatan, ia dicegat oleh Stilson dan gengnya. Mereka menyerang Ender, Ender membalas dan mengalahkan Stilson. Kemudian Ender pulang dan menangis atas perbuatannya lalu Ender menyeritakannya pada Kakaknya, Valentine (Abigail Breslin). Kemudian Kakak tertua mereka, Peter (Jimmy 'Jax' Pinchak), menyela mereka dan meyakinkan Ender untuk bermain permainan. Peter mengalahkan Ender dengan menyekik lehernya, mengancam akan membunuhnya, karena Peter merasa bahwa dirinyalah yang pantas dipilih Akademi militer. Kemudian Peter melepas cekikannya. Graff dan Anderson mengunjungi rumah Wiggin dan menawarkan Ender untuk masuk Sekolah Tempur. Pencabutan alat pemantau itu merupakan sebuah ujian masuk bagi Ender, untuk mengetahui reaksi Ender. Dan ternyata Ender lulus dan masuk Sekolah Tempur.

Ender merupakan “Launchie” terakhir yang tiba di pesawat untuk berangkat ke luar angkasa. Setelah sampai ditempat tujuan, para “Launchie” diperkenalkan pada Sersan Dap (Nonso Anozie), yang nantinya akan menjelaskan cara bermain di Ruang Tempur. Kemudian Ender segera mendapat rasa hormat dari “Launchie” lainnya. Anderson, tanpa memberitahu Graff, memberi Ender sebuah permainan berupa video game yang disebut “Permainan Pikiran”, cara untuk mengetahui keadaan emosional anak. Bentuk Ender dalam permainan itu adalah Tikus, yang bertemu dengan raksasa yang menawarkannya 2 gelas minuman, dimana salah satunya adalah racun. Setelah Ender mengetahui keduanya-duanya beracun, Ender (Tikus) melompat ke mata raksasa itu dan membunuhnya. Anderson yang sedang memantaunya terkejut bahwa baru kali ini dia melihat orang melakukan itu.

Kemudian Ender dipindahkan ke Pasukan Salamander, dimana ia bertemu Komandan Bonzo Madrid (Moises Arias) dan Petra Akanian (Hailee Steinfeld). Petra menawari Ender latihan menembak selama waktu luang. Bonzo tidak suka dengan Ender, dimana Bonzo ingin Ender dipindahkan dari Pasukannya. Selama pertandingan pertempuran pertama mereka, Bonzo memerintahkan Ender untuk diam saja dan mengamati mereka yang sedang bertempur. Tapi Ender melanggar perintah itu, yang kemudian membantu Petra dan membantu pasukan Bonzo menang.

Ender kemudian melanjutkan video game, Permainan Pikiran. Dalam permainan itu, Ender melihat alien dengan bentuk Formic. Ender menatapnya terus, dan Formic itu kemudian berubah menjadi Kakaknya, Valentine. Kemudian Ender mengikuti Valentine yang sedang menuju ke sebuah kastil, dimana kastil itu kemudian runtuh. Di dalam kastil itu, ia bertemu dengan seekor ular dan membunuhnya. Tak lama setelah itu, muncul sosok Peter. Sampai di sini, Graff yang mengetahui hal itu menjadi marah pada Anderson. Dan Anderson tidak mengetahui bagaimana Kakaknya, Peter, bisa muncul dalam permainan itu.  Keesokan harinya, Graff menyuruh Ender untuk memerintah sebuah pasukan, Pasukan Naga. Selama Ender memerintah pasukan itu, pasukan itu mencapai peringkat tertinggi di Sekolah Tempur. Pasukan Naga berhasil mengalahkan 2 pasukan sekaligus, yaitu Pasukan Salamander dan Pasukan Leopard. Karena tidak bisa menerima kekalahan, Bonzo menantang Ender untuk berkelahi saat Ender sedang mandi. Ender membela diri yang kemudian melukai Bonzo, dan Bonzo dipulang ke Bumi. Saat itu juga, Ender merasa bersalah, dan berkeinginan untuk mengundurkan diri dari Sekolah Tempur, kecuali jika ia bisa menemui Valentine. Graff kemudian mengantar Ender ke Bumi untuk menemui Valentine. Valentine diminta oleh Graff untuk membujuk Ender kembali ke Sekolah Tempur.

Dalam perjalanan dengan kecepatan cahaya, Ender dan Graff pergi menuju tempat bekas koloni Formic, dimana Armada Internasional membangun sebuah pos yang berdekatan dengan planet Formic. Ender kemudian bertemu Mazer Rackham, dimana Ender terkejut karena Mazer masih hidup. Lalu Mazer menjelaskan hasil pertempurannya dulu yang dianggap Ender pada saat itu Mazer sudah tewas. Mazer manantang Ender dengan menggunakan simulasi dan memberitahu Ender tantang senjata mematikan itu yang disebut Perangkat Pelepas Molekul atau mereka menyebutnya Si Dokter Kecil. (Di dalam buku novelnya, alat ini disebut Dr. Device, sedangkan di film disebut MD Device (Molecular Detachment Device) atau Dokter Kecil). Dalam menjalan simulasi itu, Ender bersama teman-temannya yang telah di pilih oleh Graff. Ender yang sebagai Komando, kalah dalam pertempuran simulasi itu. Mazer marah dengan kekalahan itu, sedangkan esok hari merupakan hari kelulusan mereka, ujian terakhir. Hari kelulusan tiba, gambaran simulasi berada di dekat planet Formic. Kemudian mereka memulai simulasi penyerbuan itu. Ender dan teman-teman berhasil menghancurkan planet mereka dengan menggunakan senjata ampuh Si Dokter Kecil. Tapi setelah itu, Graff berterima kasih pada Ender karena telah menghancurkan planet itu, dimana Ender akhirnya mengerti bahwa ujian terakhir simulasi itu sebenarnya adalah perang sungguhan, menghancurkan planet sungguhan, secara nyata. Ender marah dan menyesal karena menghancurkannya dan membunuh seluruh koloni Formic. Bagi Graff, Ender akan dikenang sebagai  seorang pahkawan, tapi tidak bagi Ender, yang berpikir bahwa dirinya adalah seorang pembunuh.

Ender kemudian dibius dan dibawa ke kamarnya. Ender menyadari bahwa Formic berusaha untuk berkomunikasi dengannya dalam vidoe game Permainan Pikiran yang dia mainkan. Lalu ia bergegas keluar dari markas dan menuju tempat dimana ia pernah melihatnya di dalam video game itu. Ia bertemu Ratu Formic dengan satu telur Ratu yang tersisa. Dia berjanji untuk menemukan tempat tinggal yang baru untuk Formic. Ender mengirim email pada Valentine bahwa ia diangkat menjadi Laksamana dan melakukan perjalanan ruang angkasa dengan membawa telur itu untuk mencari tempat tinggal baru untuk Formic sesuai janjinya.

* Mohon untuk tidak copy-paste tulisan ini.

HOME | ABOUT | CONTACT |

Copyright © 2011 Archangel Home | Subscene | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER

ad size ad size ad size ad size
ad size ad size ad size ad size