Share/Bookmark

Hellraiser (1987)

Imdb Rating: 7.1/10.
Sutradara: Clive Barker
Produser: Christopher Figg
Skenario: Clive Barker
Berdasarkan: Novel The Hellbound Heart
Dibintangi oleh: Andrew Robinson, Clare Higgins, Sean Chapman, Ashley Laurence, Oliver Smith, Doug Bradley, Nicholas Vince, Simon Bamford, Grace Kirby
Bahasa: English
Durasi: 93 menit
Biaya Produksi: 1 juta dolar
Genre: Horror

Subtitle Indonesia: BluRay

Hellraiser (juga dikenal sebagai Cliver Barker’s Hellraiser) adalah sebuah film horror Inggris-Amerika tahun 1987. Ditulis dan disutradari oleh Clive Barker, berdasarkan novelnya sendiri yang berjudul The Hellbound Heart. Film ini melahirkan serangkaian sekuel. Hellraiser berada di urutan 19 dari 100 momen film paling menakutkan dalam daftar saluran kabel Bravo.

Sinopsis Hellraiser (1987):

Di Maroko, Fran Cotton membeli kotak puzzle dari seseorang. Di dalam ruangan kosong dengan di kelilingi lilin, Frank memecahkan/ menyelesaikan kotak puzzle itu. Segera setelah itu rantai pengait muncul dan merobek tubuhnya. Kemudian ruangan dipenuhi dengan rantai yang berlumuran dengan sisa-sisa tubuh Frank. Seorang berjubah hitam muncul, mengambil kotak puzzle itu dan mengembalikannya ke kondisi semua, mengembalikan ruangan itu menjadi normal, bersih tanpa sisa-sisa darah atau tubuh Frank.

Kakaknya Frank, Larry, memutuskan untuk pindah ke rumah masa kecilnya dalam upaya untuk membangun kembali hubungannya yang sempat tegang dengan istri keduanya, Julia, yang berselingkuh dengan Frank sebelum menikahi Larry. Putri remajanya Larry, Kirsty, memilih untuk tidak tinggal bersama ibu tirinya dan mencari kamar di kota itu (kost).

Rumah yang lama terbengkalai itu, memperlihatkan jejak dari kehadiran Frank, tapi Larry mengasumsikan bahwa Frank kabur dari polisi. Larry yang saat itu sedang pindahan, mengangkat kasur ke atas lantai bersama beberapa petugas pindahan. Saat di tangga, tangan Larry terkena paku dan berdarah. Larry segera memanggil dan menghampiri Julia, yang pada saat itu sedang berada di ruangan dimana Frank tercabik-cabik rantai pengait. Darah Larry menetes di lantai ruangan itu, dan tetesan darah di lantai lenyap seperti terhisap, dimana darah itu akan membangkitkan Frank. Malam itu, Julia bertemu dengan Frank di ruangan itu, dengan kondisi yang belum sempurna. Julia masih mencintai Frank, dan Julia setuju untuk menolongnya menyempurnakan tubuh Frank dengan memberi darah manusia (tumbal). Sehingga, ketika tubuh Frank sempurna, mereka berencana untuk pergi bersama-sama. Di keesokan harinya, Julia pergi ke bar, dimana di situ ia berkenalan dengan seorang pria, yang kemudian ia bawa ke ruangan itu dan membunuhnya. Frank meminum darahnya, dan membuatnya bertambah sempurna. Frank menjelaskan semuanya pada Julia, apa yang sebenarnya terjadi pada Frank. Frank telah membuka portal ke dunia “Cenobites”, yang digunakannya untuk Sadomasochism secara ekstrim. (tindakan menerima kenikmatan, bersifat seksual). Frank menjelaskan bahwa ia masih membutuhkan darah lagi untuk lebih menyempurnakan tubuhnya.

Kirsty memata-matai Julia yang sedang membawa seorang pria ke dalam rumah, ia yakin Julia selingkuh. Lalu Kirsty masuk diam-diam ke rumah dan mengikutinya ke ruangan itu, dimana Kirsty melihat Frank sedang meminum darah dari korbannya. Frank menyerangnya, tapi Kirsty berhasil mengambil kotak itu dan melemparkannya keluar jendela, dimana hal itu cukup mengalihkan perhatian Frank, agar Kirsty bisa kabur. Kirsty pergi dari rumah itu, lalu mengambil kotak itu yang tadi ia lempar keluar. Selama memegang kotak itu, Kirsty seperti terguncang kemudian pingsan. Lalu dia siuman, dan mengetahui dirinya berada di rumah sakit. Di rumah sakit, ia berhasil memecahkan/ menyelesaikan kotak itu, dimana hal itu membuka dunia Cenobites dan mendatangkan beberapa makhluk yang mendatangi Frank waktu itu. Pemimpin Cenobites, Pinhead (kepala yang penuh dengan paku), menjelaskan bahwa meskipun Cenobites dianggap sebagai malaikat dan iblis, mereka hanyalah “penjelajah” dari pengalaman keduniawian, dan mereka tidak bisa lagi membedakan antara rasa sakit yang amat sangat menyakitkan dengan kesenangan yang amat menyenangkan. Meskipun mereka berusaha memaksa Kirsty untuk membawanya ke dunia mereka,  ia meyakinkan bahwa seseorang telah kabur dari mereka, dan berjanji akan memberitahu mereka tentang keberadaan Frank, dan hal ini sebagai imbalan untuk kebebasan Kirsty agar tidak dibawa oleh mereka. Mereka menyetujui kesepakatan yang diberikan Kirsty itu.

Kirsty ke rumah itu dan menghampiri Larry, ayahnya. Larry mengatakan pada Kirsty bahwa ia telah membunuh Frank. Julia memperlihatkan pada Kirsty, mayat yang telah dikuliti di ruangan itu, yang kemudian Julia mengunci Kirsty di ruangan itu. Para Cenobite muncul dan menuntu orang yang melakukan ini. Kirsty berusah kabur tapi tahan oleh Kirsty dan Larry. Ternyata Larry adalah Frank yang sedang menyamar. Frank berusaha membunuhnya sebagai upaya untuk penyempurnaannya. Frank menusuk Julia dan meminum darahnya tanpa rasa penyesalan.

Frank mengejar Kirsty dan ketika ia hendak membunuhnya, para Cenobites muncul. Sekarang Frank adalah mangsa dari para Cenobites. Mereka menjerat Frank dengan rantau dan mencabik-cabiknya. Mereka kemudian berusaha menangkap Kirsty. Satu per satu, Kirsty menyelesaikan kotak puzzle itu untuk melenyapkan para Cenobites dari situ. Pacarnya muncul dan membantu dia pergi dari rumah itu.

Kirsty melemparkan kotak itu ke dalam api. Kemudian seorang gelandangan, yang mengikuti Kirsty, mengambil kotak itu yang ada di dalam api. Kemudian gelandangan itu terbakar lalu berubah menjadi makhluk bersayap dan terbang jauh. Kotak itu berakhir di tangan pedagang yang dulu menjualnya pada Frank, dan menawarkannya kepada orang lain.

* Mohon untuk tidak copy-paste tulisan ini

HOME | ABOUT | CONTACT |

Copyright © 2011 Archangel Home | Subscene | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER

ad size ad size ad size ad size
ad size ad size ad size ad size