Share/Bookmark

Captain Phillips (2013)

Imdb Rating: 8,1/10. Nominated for 6 Oscars. Another 8 wins & 65 nominations.
Sutradara: Paul Greengrass
Produser: Michael De Luca, Dana Brunetti, Scott Rudin
Cerita: Billy Ray
Berdasarkan buku: “A Captain's Duty” oleh Richard Phillips dengan Stephan Talty
Dibintangi oleh: Tom Hanks, Barkhad Abdi, Barkhad Abdirahman
Bahasa: Inggris, Somalia
Durasi: 133 menit
Biaya Produksi: 55 juta dolar
Genre: Adventure, Biography, Drama


Subtitle Indonesia: BluRay

Captain Phillips adalah sebuah film Action Thriller yang disutradarai oleh Paul Greengrass dan dibintangi oleh Tom Hanks dan Barkhad Abdi. Film ini terinspirasi dari peristiwa pembajakan kapal Maersk Alabama ditahun 2009, sebuah kejadian dimana seorang Kapten Richard Phillips disandera oleh perompak di Samudera Hindia yang dipimpin oleh Abduwali Muse.

Naskah film ini ditulis oleh Billy Ray dan berdasarkan pada buku “A Captain’s Duty: Somali Pirates, Navy SEALs, and Dangerous Days at Sea (2010) oleh yang ditulis oleh Richard Phillips bersama Stephan Talty. Scott Rudin, Dana Brunetti dan Michael De Luca merupakan produser dari film ini. Film ini menerima 6 nominasi Academy Award termasuk Best Picture dan Aktor Pendukung Terbaik untuk Barkhad Abdi. Film ini ditayangkan di New York Film Festival 2010, dan dirilis pada tanggal 11 Oktober 2013. Faysal Ahmed memerankan Najee sebagai penjahat utama.

Sinopsis Captain Phillips (2013):

Richard Phillips (Tom Hanks) mengambil alih sebagai kapten Maersk Alabama, sebuah kapal kontainer yang tak bersenjata yang berangkat dari pelabuhan Salalah, Oman, dengan perintah untuk berlayar melalui Teluk Aden menuju Mombasa, melewati Tanduk Afrika. Waspada terhadap aktivitas para perompak di laut lepas panti Somalia, kapten memerintahkan para awak untuk melakukan pelatihan demi keamanan kapal.

Selamat pelatihan, kapal tersebut dikejar oleh perompak Somalia dengan 2 perahu boat. Philiips berhasil membuat salah satu perahu tersebut berhenti mengejarnya dan kembali, setelah mereka (para perompak) mendengar pembicaraan Phillips di radio yang sedang meminta bantuan pada angkatan udara, tapi ini hanya gertakan. Masih ada satu perahu lagi yang masih mengejar, tapi inipun gagal mengejar, dikarenakan mesinnya rusak akibat pemaksaan mesin demi mengejar kapal tersebut. Keesokan harinya, salah satu perahu kembali mengejar bersama 4 perampok bersenjata yang dipimpin oleh Abduwali Muse (Barkhad Abdi), mereka membawa tangga untuk dikaitkan pada kapal. Meskipun upaya terbaik Phillips dan awaknya sudah dikerahkan, para perompak berhasil naik dan mengambil kendali kapal Maersk Alabama dan menangkap Phillips setelah terjadi matinya mesin kapal yang sengaja dimatikan oleh para awak yang sedang sembunyi di ruang mesin. Phillips menawarkan isi brangkas di kapal pada Muse sebesar 30.000 dolar, tapi karena Muse dibawah perintah bosnya, Muse berencana untuk menembus kapal dan para awaknya dengan jutaan dolar dari uang asuransi perusahaan pelayaran.

Salah satu awak berhasil memotong kabel listrik kapal, sehingga membuat ruang mesin menjadi gelap. Di sisi lain saat mereka bertiga, Phliips, Muse dan Bilal sedang menelusuri kapal, dan tiba di ruang mesin, kaki Bilal (tidak menggunakan sandal) terinjak oleh pecahan kaca yang telah diserakkan oleh para awak kapal. Akhirnya Muse menyuruh Bilal untuk ke atas (ke anjungan) bersama Phillips. Muse sendirian di ruang mesin yang gelap. Para awak kapal yang sembunyi berhasil menangkap Muse sebagai pimpinan perompak itu. Mereka mengadakan pertukaran antara Muse dengan Phillips. Phillips menawarkan sebuah sekoci. Phillips menerangkan cara menggunakan sekoci itu di dalam sekoci. Saat pertukaran, Phillips berhasil ditangkap kembali oleh para perompak dan kemudian mereka terjun ke laut menggunakan sekoci. Phillips menjadi tawanan.

Para perompak kehilangan kontak dengan kapal induk mereka, yang kemudian dicegat oleh Angkatan Laut AS, USS Bainbridge. Phillips mencoba untuk memberitahu mereka bahwa AL tidak akan menyerah dalam masalah seperti ini. Sementara itu, kapten USS Bainbridge diperintahkan dengan cara apapun untuk mencegat sekoci tersebut agar tidak sampai daratan Somalia.

Malam harinya, Phillips berhasil melarikan diri dan berenang ke arah kapal AL. Namun AL tidak bisa mengidentifikasi siapa saja yang berada di air, oleh sebab itu AL tidak melakukan tindakan apapun. Salah satu perompak menembak ke arah Phillips, memberi peringatan untuk kembali ke sekoci. Para perompak mulai panik yang menyadari bahwa Tim SEAL ikut campur.

Sementara itu, 3 tim penembak jitu (Sniper) SEAL telah dikerahkan dan sedang berada dalam posisi masing-masing. Mereka membidik satu-satu perompak tersebut. Castellano dan SEAL terus berusaha untuk bernegosiasi dengan para perompak, yang akhirnya sekoci tersebut ditarik kapal AL menggunakan tambang. Muse setuju untuk ikut ke Bainbridge untuk membicarakan uang yang akan diberikan AL serta mempertemukan dia dengan para tetua suku sebagai tebusannya. Di dalam sekoci, salah perompak tambah gelisah, Najee, melihat Phillips menulis catatan sebagai ucapan selamat tinggal kepada keluarganya. Ketika Najee mencoba mengambil catatan tersebut, Phillips menyerang Najee, namun Philiips berhasil dikendalikan mereka dengan memukulnya.

Najee memutuskan untuk mengambil kendali, mereka mengikat Phillips dan menutup matanya. Bainbridge menghentikan penarikan sekoci. Phillips yang segera dibunuh, akhirnya 3 sniper SEAL berhasil menembak mati mereka bertiga. Di atas Bainbridge, Muse langsung ditangkap. Phillips berhasil diselamatkan dan diobati. Dia mengalami guncangan (shock) dan bingung, tapi ia mengucapkan terima kasih kepada tim penyelamat untuk membebaskannya dari para perompak.

* Mohon untuk tidak copy-paste tulisan ini.

HOME | ABOUT | CONTACT |

Copyright © 2011 Archangel Home | Subscene | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER

ad size ad size ad size ad size
ad size ad size ad size ad size