Share/Bookmark

Escape Plan (2013)

Imdb Rating: 6,9/10.
Sutradara: Mikael Håfström
Produser: Robbie Brenner, Mark Canton, Randall Emmett, George Furla, Kevin King Templeton
Cerita: Miles Chapman
Dibintangi oleh: Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, Jim Caviezel, Curtis "50 Cent" Jackson, Vinnie Jones, Vincent D'Onofrio, Amy Ryan
Bahasa: Inggris
Durasi: 115 menit
Biaya Produksi: 50 juta dolar
Genre: Action, Mystery, Thriller

Subtitle Indonesia: BluRay

Escape Plan (sebelumnya dikenal dengan judul Exit Plan atau The Tomb) merupakan film action thriller Amerika tahun 2013 yang dibintangi oleh  Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, Jim Caviezel, Curtis "50 Cent" Jackson, Vinnie Jones, Vincent D'Onofrio, dan Amy Ryan. Escape Plan disutradari oleh Mikael Håfström. Film ini ditayangkan di Filipina pada tanggal 9 Oktober 2013 dan dirilis pada tanggal 18 Oktober di bioskop Amerika Serikat.

Sinopsis Escape Plan (2013):

Ray Breslin (Sylvester Stallone) adalah seorang mantan jaksa yang ikut memiliki Breslin-Clark, sebuah perusahaan keamanan berbasis di Los Angeles, yang bergerak dibidang pengujian keamanan maksimum penjara. Dia menghabiskan masa hidupnya untuk masuk penjara, untuk mempelajari desain mereka dan kebiasaan para penjaga untuk menemukan kelemahan mereka, sehingga memungkin dia untuk bisa meloloskan diri tanpa hambatan. Dia mengaku bahwa tujuannya adalah untuk memastikan bahwa penjahat yang dimasukkan ke penjara tetap di dalam dan tak bisa keluar. Suatu hari, dia dan rekan bisnisnya, Lester Clark (Vincent D'Onofrio) ditawarkan sebuah kesepakatan jutaan dolar oleh agen CIA, Jessica Miller (Caitriona Balfe) untuk menguji sebuah penjara rahasia dan mengetahui apakah penjara itu tidak bisa ditembus. Breslin setuju dengan kesepakatan itu dan dirinya akan ditangkap di New Orleans, dengan nama samaran Spanyol bernama “Anthony Portos”. Tapi rencana itu menjadi kacau ketika para penculiknya mengambil pelacak dari lengannya yang telah disuntikan.

Breslin terbangun dan menyadari dirinya berada di kompleks sel tanpa adanya jendela ke arah luar penjara. Dia bertemu sesama narapidana lainnya, Emil Rottmayer (Arnold Schwarzenegger), dan mereka berdua berkelahi agar Breslin masuk ke ruang isolasi untuk mempelajari ruang itu. Ruang isolasi itu menggunakan lampu sorot besar yang membuat mereka kepanasan. Mengetahui lantai ruang isolasi tersebut menggunakan paku baja, Breslin menyuruh Rottmayer untuk mendapatkan lempengan logam, bagaimanapun caranya. Akhirnya Rottmayer mendapatkan logam itu dari lantai kantor Kepala Sipir Williard Hobbes (Jim Caviezel). Dengan menggunakan lempengan logam itu, Breslin memantulkan cahaya lampu di ruang isolasi ke arah paku tersebut untuk memanaskannya dan lepas. Akhirnya Breslin berhasil membukanya dan menemukan lorong ke bawah dari ruang isolasi itu menuju ke atas/ ke luar. Breslin menyusuri lorong itu yang akhirnya menuntun dia ke arah luar. Ketika sampai di luar, Breslin terkejut bahwa lokasi penjara itu adalah sebuah kapal yang berada di tengah-tengah laut. Kemudian Breslin kembali ke ruang isolasi itu. Breslin dan Rottmayer terus mempelajari kompleks penjara dengan mengamati rutinitas sehari-hari para penjaga.

Hobbes akhirnya mengetahui bahwa nama Portos aslinya adalah Breslin. Hobbes diberitahu oleh Lester Clark. Lester Clark menyuruh Hobbes agar Breslin tetap dipenjara untuk selamanya. Karena Hobbes sudah mengetahui bahwa nama aslinya Breslin, Breslin membuat kesepakatan bahwa ia akan membeberkan lokasi dimana Victor Mannheim berada, karena hanya Rottmayer yang tahu keberadaan Victor tersebut. Tapi Breslin membeberkan lokasi palsu pada Hobbes.

Sementara itu, rekan Breslin, Abigail Ross (Amy Ryan) dan Hush (Curtis '50 Cent' Jackson) tumbuh kecurigaan pada Clark, dimana cek uang kesepakatan itu dibekukan. Hush akhirnya menemukan nama penjara itu, dengan kode nama “The Tomb”, yang dimiliki oleh organisasi Blackwater, dan Clark ditawari gaji 5 juta dolar dari mereka untuk menjaga Breslin tetap di penjara.

Kita kembali ke penjara. Rottmayer menyuruh Javed (Faran Tahir) untuk meyakinkan Hobbes agar dirinya bisa berdoa/ sembahyang di ruangan terbuka. Javed akhirnya diijinkan oleh Hobbes untuk berdoa di luar, dan tanpa dicurigai, Javed membawa Sekstan yang telah dibuat oleh Breslin untuk mengetahui lokasi kapal tersebut. Setelah Javed mengukur lintang lokasi menggunakan sekstan dan diberikan pada Breslin, Breslin akhirnya tahu bahwa kapal itu kini berada di Samudera Atlantik dekat Maroko. Breslin mengunjungi klinik Dr. Kyrie (Sam Neill) untuk meyakinkan dirinya membantu melarikan diri. Dr. Kyrie akhirnya mengirim email ke Mannheim. Kemudian Breslin melakukan sebuah kode dengan mengetok-ngetok dinding di selnya, dimana itu membuat kesan Hobbes bahwa kerusuhan akan terjadi di blok C. Hobbes mengerahkan semua keamanan ke Sel Blok C, tapi Javed membuat kerusuhan di Sel Blok A. Hal itu membuat Breslin, Rottmayer dan Javed memiliki waktu untuk kabur. Terjadi baku tembak diantara mereka bertiga, dimana baku tembak itu mengenai Javed. Mereka bertiga akhirnya berpencar. Breslin ke arah ruang mesin, Rottamayer ke geladak atas menuju helikopter yang telah dihubungi oleh dokter tersebut, sedangkan Javed yang terluka memilih untuk menghalangi para petugas dan memberi waktu pada Breslin dan Rottmayer. Javed akhirnya dibunuh oleh Hobbes. Rottmayer sudah menaiki helikopter, sedangkan Breslin berada ditangki air, menunggu air tersebut disedot keluar kapal dimana itu mengarah ke laut. Breslin akhirnya keluar dan berada di laut. Rottmayer menuruh pilot helikopter untuk menghampiri Breslin yang berada di laut. Saat menolong Breslin, terjadi baku tembak antara Hobbes dan orang yang berada di helikopter tersebut. Dimana akhirnya Breslin menembak tangki bahan bakar yang ada di kapal dan meledak, Hobbes mati karena ledakkan itu.

Sesampainya di pantai Maroko. Breslin dan Rottmayer dijemput dengan sebuah mobil. Dari mobil itu keluarlah Jessica Miller, yang ternyata merupakan putri dari Rottmayer. Dan tidak hanya itu, Breslin akhirnya berhasil menebak bahwa Rottmayer bukanlah nama asli. Nama asli Rottmayer adalah Victor Mannheim. Breslin tidak menduganya. Lalu Breslin bertanya pada Jessica apakah Clark mengetahui ini semua. Jessica mengatakan bahwa dialah yang menginginkan Breslin agar tetap dipenjara dan menerima tawaran sebagai Dirut The Tomb.

Setelah Breslin mengetahui Clark begitu, Breslin menyuruh Hush untuk membius Clark. Hush membiusnya di dalam mobil Clark. Setelah Clark terbangun dari biusnya, Clark tetap berada di dalam  mobil, dan mobilnya berada di dalam salah satu dari puluhan kontainer yang sedang diangkut kapal.

* Mohon untuk tidak copy-paste tulisan ini.

HOME | ABOUT | CONTACT |

Copyright © 2011 Archangel Home | Subscene | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER

ad size ad size ad size ad size
ad size ad size ad size ad size