Share/Bookmark

Cara Merubah Warna Subtitle Menggunakan K-Lite Code Pack

Mungkin sebagian dari kita, subtitle sangatlah penting. Tapi bagaimana jika background film berwarna putih? Seperti contohnya dalam film The Thing atau film Whiteout. Dimana film tersebut mengambil setting di kutub dan semuanya serba putih karena salju. Sedangkan bawaan warna subtitle dari K-Lite Code Pack biasanya berwarna putih. Tentu akan membuat kita sulit membaca subtitle tersebut.

Subtitle-subtitle yang saya buat kebanyakan tidak saya beri warna, alias polos. Tidak seperti teman-teman penerjemah lainnya yang menyediakan subtitlenya berwarna. Biasanya mereka mengupload subtitlenya hingga beberapa jenis warna, ada yang polos (putih) dan yang lainnya berwarna. Dan para pengguna subtitle tinggal memilihnya sesuai keinginan.

Di sini saya akan memberitahu teman-teman bagaimana caranya merubah warna subtitle bagi teman-teman yang belum tahu dengan menggunakan player K-Lite Codec Pack. Semoga bermanfaat.

CARA 1 (Klik pada gambar untuk memperbesar):

1. Buka file filmnya dengan menggunakan K-Lite Codec. Film apa saja. Pastikan subtitle sudah bisa muncul di layar. Perhatikan gambar di bawah ini:

Subtitlenya masih putih. 


2. Perhatikan panah nomor 1, klik saja (klik kiri), Windows 8 dan Windows 7 biasanya sama saja bentuknya yaitu panah ke atas. Kalau windows XP biasanya untuk memperlebarnya, bentuk panahnya ke samping kiri. Lalu klik kanan (ingat bukan klik kiri) pada panah nomor 2. Gambar panah melengkung ke atas berwarna hijau. Jika player teman-teman tidak keluar panah hijauhnya, nanti saya jelaskan di bagian paling bawah.



3. Akan muncul seperti ini. Klik kiri panah nomor 3, yaitu DirectVobSub (auto-loding version).



4. Klik panah nomor 4. Lalu klik panah nomor 5. Panah warna kuning untuk menentukan bentuk tulisan pada subtitle dan menentukan besar kecilnya tulisan pada subtitle.



5. Akan muncul seperti ini. Silahkan teman-teman menentukan warna yang diinginkan. Saya akan coba warna kuning. Setelah sudah menentukan warna, teman-teman tinggal klik "OK" semua. Kalau warna subtitle masih saja belum berubah warna, teman-teman tinggal restart saja playernya. Matikan playernya, lalu buka kembali file filmnya.



6. Ta-daa... Subtitle sudah berubah warna.



CARA 2:

Teman-teman tinggal ikuti saja gambar di bawah. Play --> Filters --> DirectVobSub --> Properties. Setelah itu ikuti CARA 1 nomor 4 dan 5.



1. Untuk panah melengkung warna hijau yang tidak keluar seperti yang saya sebutkan di atas, di nomor 2, teman-teman bisa ikuti gambar di bawah ini. View --> Options.



2. Klik panah nomor 1. Lalu kosongkan kotak pada panah nomor 2, jangan dicentang.


Begitulah, teman-teman. Mudah kan? Bagi teman-teman yang sudah tahu, mungkin ini hal yang sudah biasa, sudah basi. Saya hanya menjelaskan bagi teman-teman yang belum tahu. Dulu saya sudah pernah menjelaskan tentang ini di blog yang dulu, moviexinema.blogspot.com. Tapi blog itu sudah dihapus, tewas, dibunuh oleh blogger. Mungkin karena melanggar, banyak link download filmnya. :) 

Satu lagi, mohon untuk menghargai karya orang. Hargai para penerjemah yang telah susah-susah dan meluangkan waktu untuk menerjemahkan subtitle. Tidak mudah loh menerjemahkan bahasa inggris ke indonesia. Coba saja sekali-sekali teman-teman menerjemahkan satu film saja, dan rasakan gimana rasanya setelah selesai menerjemahkan, subtitle teman-teman dicuri oleh orang tak bertanggung jawab. Mencuri di sini artinya: menghapus atau mengganti kredit nama dari sang penerjemah atau bisa juga menghapus kreditnya, lalu mengambil keuntungan dari subtitle itu. Kalau mengambil untung dari hasil terjemahan sendiri sih tidak apa-apa. Para penerjemah memberinya cuma-cuma, alias gratis tanpa dipungut biaya apapun. Mungkin teman-teman bisa men-support para penerjemah dengan memberikan donasi, agar mereka tetap berkarya dalam menerjemahkan subtitle. Jika tidak bisa memberikan donasi, setidaknya teman-teman bisa mengucapkan terima kasih atau memberikan vote good-nya ditempat download subtitle, seperti di subscene.com. Tidak susah untuk melakukan beberapa klik saja. Lakukan hal yang baik dari hal yang kecil.

Yup, itu saja dari saya. Bagi yang ga ngerti juga dengan penjelasan di atas, silahkan tanya saja sama tembok...! :D

*Mohon untuk tidak copy-paste tulisan atau gambar di blog ini.

HOME | ABOUT | CONTACT |

Copyright © 2011 Archangel Home | Subscene | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER

ad size ad size ad size ad size
ad size ad size ad size ad size