Share/Bookmark

RoboCop (2014)

Imdb Rating: 6.5 /10.
Sutradara: José Padilha
Produser: Marc Abraham, Eric Newman
Skenario: Joshua Zetumer
Dibintangi oleh: Joel Kinnaman, Gary Oldman, Michael Keaton, Samuel L. Jackson, Abbie Cornish, Jackie Earle Haley, Michael K. Williams, Jennifer Ehle, Jay Baruchel
Bahasa: Inggris
Durasi: 121 menit
Biaya Produksi: 13 juta dolar
Genre: Action, Crime, Sci-Fi

Subtitle Indonesia: BluRay

RoboCop adalah film laga fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2014 yang disutradarai oleh José Padilha. Ini adalah remake dari film tahun 1987 dengan nama yang sama dan reboot dari seri film Robocop, sehingga sekuel keempat dari franchise tersebut.

Screen Gems pertama kali mengumumkan remake pada tahun 2005, namun dihentikan satu tahun kemudian. Darren Aronofsky dan David Self awalnya ditugaskan untuk mengarahkan dan menulis film tersebut. Film ini sempat tertunda beberapa kali. Pada bulan Maret 2012, MGM mengumumkan merilis film ini pada Agustus 2013, tetapi kemudian berubah menjadi Februari 2014. Syuting perdana dimulai pada September 2012 di Toronto dan Vancouver, dengan lokasi tambahan di Hamilton dan Detroit di Amerika Serikat.

Film ini dijadwalkan untuk rilis di Amerika pada tanggal yang sama dengan rilis di Indonesia, yaitu 12 Februari 2014 dalam format 2D dan IMAX dengan rating PG-13 oleh MPAA, sehingga menjadi film kedua dalam franchise ini yang memperoleh Rating PG-13, setelah Robocop 3.

Sinopsis RoboCop (2014):

Pada tahun 2028, konglomerat multinasional OmniCorp merupakan pusat militer teknologi "robot tentara", menyediakan Militer AS dengan pria mekanik yang dikerahkan di luar negeri. OmniCorp ingin menjual produk mereka untuk digunakan dalam penegakan hukum sipil di AS tetapi ditekan oleh pendapat umum, seperti yang diwujudkan oleh UU Dreyfus. Dalam upaya untuk mempengaruhi opini publik dengan cara menggabungkan manusia dengan mesin, CEO OmniCorp Raymond Sellars (Michael Keaton) menugaskan tim pemasarannya, bersama dengan ilmuwan Dr. Dennett Norton (Gary Oldman), dengan penciptaan produk penegak hukum yang baru ini. Mereka mulai mencari seorang polisi yang memiliki cidera secara permanen untuk bertindak sebagai inti dari prototipe mereka.

Polisi detektif Alex Murphy (Joel Kinnaman) dan rekannya, Jack Lewis terluka (Michael K. Williams), berupaya untuk menangkap bos penjahat Antoine Vallon (Patrick Garrow) dengan menyamar sebagai pembeli senjata, tapi mereka berdua tidak menyadari bahwa Vallon memiliki kontak dengan orang dalam di Departemen Kepolisian Detroit (DKD). Ketika Vallon menemui mereka berdua untuk transaksi barang, ia diberi informasi oleh polisi kotor melalui telepon, dan terjadilah baku tembak yang kemudian membuat Lewis terluka. Sebagai pembalasannya, dua polisi kotor tersebut hampir membunuh Alex dengan bom mobil. Norton memilih Alex untuk program Robocop dan dengan persetujuan dari istri Alex, Clara (Abbie Cornish), Alex telah dilengkapi dengan tubuh cybernetic dan perangkat lunak. Alex pada awalnya menolak kondisi tubuhnya setelah melihat bahwa tubuh aslinya sekarang hanya terdiri dari paru-paru, tenggorokan, kepala dan tangan kanan ketika baju besi dan komponen Cybernetic sepenuhnya dihilangkan, namun ia diyakinkan oleh Norton agar kuat demi istri dan anaknya. Rick Mattox (Jackie Earle Haley), pelatih militer OmniCorp, meragukan kemampuan Alex, dan mengatakan bahwa Alex tidak efisien seperti robot yang sepenuhnya mesin. Memang terbukti benar, Alex beroperasi pada tingkat yang lebih lambat dari robot-robot lainnya karena Alex masih memiliki perasaan dari sisi manusianya, seperti sifat ragu-ragu. Dalam rangka meningkatkan kinerja, Norton mengubah otaknya dan membuat Alex menjadi lebih hebat dari sebelumnya.

Sambil mempersiapkan konferensi pers publik untuk meluncurkan Robocop, Alex secara emosional kewalahan dan mengalami kejang saat Norton mengunggah informasi basis data polisi (termasuk video yang nyaris membuatnya tewas) ke dalam otaknya. Diburu waktu, Norton mengubah kimia otak Alex, dengan menurunkan kadar Dopamin sampai ia tidak lagi menunjukkan emosinya. Di bawah kendali, Alex menghadiri konferensi pers, di mana ia mengabaikan istri dan anaknya  yang sudah menunggu, dan melihat seorang penjahat di keramaian. Robocop keberhasilan bagi masyarakat, dan secara drastis mengurangi angka kejahatan di Detroit. Opini publik pada UU Dreyfus mulai berubah. Norton diperintahkan untuk mencegah istri dan anaknya menemui Alex.

Clara berhasil berhadapan dengan suaminya saat Alex meninggalkan kantor, bercerita tentang anaknya, David (John Paul Ruttan), yang mengalami mimpi buruk. Alex pergi begitu saja, tapi kemudian mengesampingkan pemrogramannya dengan memprioritaskan pemecahan kasusnya sendiri dan pergi ke rumahnya. Dia mengulas video CCTV peristiwa ledakan itu dan menyadari bahwa David melihat tubuhnya dan mengalami trauma. Sementara menonton rekaman CCTV, Alex mengesampingkan pemrograman di otaknya dan secara ajaib meningkatkan kadar Dopamin kembali normal, membangkitkan kembali emosinya yang hilang terhadap keluarganya. Alex mengejar Vallon untuk membalas dendam. Ketika Alex tiba di tempat persembunyiannya, Vallon hampir berhasil membunuhnya tetapi ditembak oleh Alex. Di sana Alex mendapat bukti berupa sidik jari seorang polisi Detroit. Di kantor polisi Alex membunuh salah satu polisi korup dan menangkanya (dengan setrum). Ketika Alex ingin menangkap Kepala Kepolisian, yang merupakan salah satu kontak Vallon itu, Mattox mematikan Alex dengan pengendali jarak jauh dan dia dibawa kembali ke OmniCorp.

Sellars memutuskan untuk memutar keadaan ini untuk keuntungannya, melalui presenter televisi Pat Novak (Samuel L. Jackson), berkat Robocop demi mengungkapkan kesalahan polisi, dan menunjukkan bahwa mesin tidak dapat disuap. Sebuah pencabutan UU Dreyfus berlangsung, dengan suara yang sangat banyak mendukung pencabutan UU itu. Clara pergi ke pers dan dengan amarah menuntut untuk menemui suaminya. Sellars, melihat Alex tidak lagi berguna dan takut bahwa kebenaran yang telah dilakukan padanya akan terungkap, Sellars memerintahkan Mattox untuk membunuhnya. Norton mencapai laboratorium pertama dan menghidupkan Alex, menceritakan segalanya. Alex, merasa dikhianati, lalu pergi mengejar Sellars.

Sellars telah menutup gedung OmniCorp dan gedung itu dilindungi oleh mesin-mesin. Alex berhasil masuk dengan bantuan mantan rekannya Lewis yang kemudian tertembak dan beberapa petugas polisi lainnya. Mattox kemudian mengungkapkan taktik lama yang ia sembunyikan dalam pemrograman Alex yang dikenal sebagai Aset Merah yang membuat tindakan bermusuhan dan ketakutan tidak mungkin melawan mereka yang diidentifikasi sebagai Aset Merah. Lewis yang terluka muncul dan menembak Mattox. Alex melanjutkan ke atap, di mana Sellars menunggu helikopter dan memiliki Clara dan David sebagai sandera yang tidak disadari. Pemrograman Alex mencegah dia untuk menangkap Sellars karena ia juga mengenakan gelang Aset Merah, tapi ia berhasil mengatasinya dengan kehendaknya yang dipaksa dan membunuh Sellars.

Perusahaan induk OmniCorp itu, OCP, memutuskan untuk meninjau mesin dan Program Robocop. Tubuh Alex dibangun kembali di laboratorium Norton, dan kemudian ia menunggu Clara dan David, yang datang untuk mengunjunginya. Presiden melarang pencabutan UU Dreyfus berdasarkan keterangan dari Norton, yang mengaku mereka telah melakukan semuanya dalam program Robocop. Pat Novak marah atas keadaan ini, dan film berakhir dengan dia memaki keras di depan kamera, yang membuat krunya terkejut.



* Mohon untuk tidak copy-paste tulisan ini.

HOME | ABOUT | CONTACT |

Copyright © 2011 Archangel Home | Subscene | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER

ad size ad size ad size ad size
ad size ad size ad size ad size