Share/Bookmark

Elysium (2013)

Imdb Rating: 6,9/10.
Sutradara: Neill Blomkamp
Produksi: Neill Blomkamp, Bill Block, Simon Kinberg Eksekutif Produser - Sue Baden-Powell
Cerita: Neill Blomkamp
Dibintangi oleh: Matt Damon, Jodie Foster, Sharlto Copley, Alice Braga, Diego Luna, Wagner Moura, William Fichtner
Bahasa: Inggris, Spanyol
Durasi: 109 menit
Biaya Produksi: 115 juta dolar
Genre: Action, Drama, Sci-Fi

Subtitle Indonesia: BluRay

Elysium adalah  fiksi ilmiah, aksi, thriller Amerika tahun 2013 yang disutradarai oleh Neill Blomkamp dan dibintangi Matt Damon dan Jodie Foster. Film ini dirilis pada tanggal 9 Agustus 2013 di bioskop.

Film ini (dalam cerita) mengambil dua tempat, Bumi yang hancur dan habitat dengan ruang mewah yang disebut Elysium yang berada di luar angkasa. Film ini menggali tema politik dan sosiologis seperti imigrasi, kelebihan penduduk, transhumanisme, perawatan kesehatan, eksploitasi dan isu-isu kelas.

Sinopsis Elysium (2013):

Pada tahun 2154, ada 2 kelas manusia yaitu: orang yang sangat kaya, yang hidup di Stanford Torus, stasiun ruang angkasa yang mewah yang disebut Elysium, dan masyarakat miskin yang tinggal di Bumi. Dimana saat itu Bumi sudah berantakan, berbagai macam penyakit, kotor, serta berlebihnya populasi penduduk. Sementara penduduk di Bumi diawasi oleh robot yang kejam, warga Elysium hidup dalam kenyamanan dan teratur menggunakan perangkat medis tidur berukuran disebut Med-Bays (kapsul medis) untuk menjaga mereka bebas dari penyakit dan cedera.

Max Da Costa (Matt Damon) , seorang mantan pencuri mobil dan tahanan bebas bersyarat yang tinggal di reruntuhan Los Angeles dan bekerja di jalur perakitan untuk Armadyne Corp, perusahaan militer yang memasok perlengkapan senjata untuk Elysium. Kecelakaan di pabrik, Max terkena radiasi dengan dosis mematikan, yang membuat dirinya hanya bisa bertahan 5 hari, setelah itu dia mati. Sementara itu, ketika imigran ilegal dari Bumi mencoba untuk mencapai Elysium dan mendapatkan Med-Bays (kapsul medis), Menteri Pertahanan Elysium, Jessica Delacourt (Jodie Foster), memerintahkan agen bayaran, Kruger (Sharlto Copley) untuk menembak jatuh pesawat imigran itu dari Bumi. Presiden Patel (Faran Tahir) menegur Jessica Delacourt dan memberhentikan Kruger dari tugasnya sebagai agen, karena telah membunuh warga sipil Bumi. Delacourt, bersumpah untuk melindungi Elysium dan kekuasaannya, tawar-menawar dengan CEO Armadyne, John Carlyle (William Fichtner ) untuk mengambil sebuah program yang dapat mereset komputer pusat Elysium dengan tujuan menggati posisi Presiden Patel. Carlyle mengambil program tersebut di kantornya yang  ada di Bumi dan menguploadnya ke dalam otaknya untuk diamankan, mengenkripsi dengan sistem penolakan mematikan.

Max mengetahui satu-satunya kesempatan untuk bertahan hidup adalah menggunakan kapsul medis yang hanya ada di Elysium, meminta bantuan pada penyelundup Spider (Wagner Moura) yang terkenal jahat, dengan bantuan temannya, Julio (Diego Luna). Spider setuju untuk membawa Max ke Elysium hanya jika ia membantu mencuri informasi yang berharga dari Carlyle, dimana Carlyle sedang mempersiapkan untuk meninggalkan Bumi dengan membawa program yang berharga tersebut di dalam kepalanya yang akan diserahkan pada Jessica Delacourt di Elysium. Menyadari kondisi Max yang melemah, Spider memiliki dokter implan Max dengan exoskeleton bertenaga (sebuah rangka-rangka besi yang akan dipasang ke tubuh Max), memberinya kekuatan super seperti robot, serta implan yang ditancapkan ke otaknya yang dapat menyimpan data komputer. Max, Julio dan timnya Spider mencegat dan menembak jatuh pesawat Carlyle yang sedang terbang menuju Elysium, dan Max mendownload data (termasuk program) ke dalam otaknya. Setelah download selesai di masukkan ke otak Max, enkripsi informasi data otak Carlyle yang muncul tidak dapat dibaca, eror. Delacourt diam-diam mengerahkan Kruger dan timnya untuk menyelamatkan dan mengambil kembali program Carlyle. Dalam baku tembak, semua teman Max terbunuh, Carlyle terluka parah dan mati, dan Max terluka yang kemudian melarikan diri menemui Frey (Alice Braga), teman masa kecil, yang berada di rumah sakit. Frey memiliki seorang putri, Matilda, yang memiliki penyakit leukemia. Setelah mengetahui bahwa Max bermaksud menyelundupkan dirinya ke Elysium, Frey memohonnya untuk membawa Matilda bersamanya agar Matilda bisa disembuhkan, tapi Max menolaknya. Max yang sedang dalam pencarian, Delacourt memerintahkan untuk mengunci wilayah udara di Los Angeles untuk mendapatkan kembali Program Carlyle.

Ketika Max kembali menemui Spider untuk mengekstrak informasi dari kepalanya, Spider memecahkan Program Carlyle dan menyadari Program itu dapat digunakan agar seluruh penduduk yang ada di Bumi menjadi warga legal di Elysium. Tapi, wilayah udara dikunci dari Elysium untuk mencegah Spider online dan mencegah Spider meluncurkan pesawat untuk Max. Akhirya Max tawar menawar dengan Kruger untuk membawa dirinya ke Elysium dengan pesawat Kruger. Dimana di dalam pesawat itu ada Frey dan Matilda yang tanpa sepengetahuan Max, telah menangkapnya sebagai sandera. Pesawat Kruger berangkat menuju Elysium dengan membawa Max, Frey, Matilda beserta kru pesawat. Kemudian terjadilah perkelahian di dalam pesawat, sehingga Kruger kehilangan sebagian wajahnya karena ledakan granat yang dipegang Max terlepas dan menyebabkan pesawat jatuh di tanah Elysium. Max, Frey dan Matilda ditangkap dan dibawa ke Delacourt, yang memiliki tim untuk men-download data dari otak Max, sementara anak buah Kruger membawa Kruger yang dengan wajahnya rusaknya ke gudang persenjataan. Tim pengambilan menemukan mekanisme enkripsi Carlyle telah digunakan, dan jika data tersebut didownload maka itu akan membunuh Max. Delacourt tidak masalah jika Max mati, yang terpenting data tersebut dapat diambil. Lalu Delacourt menemui Kruger, yang wajahnya telah diperbaiki dan hidup kembali dengan menggunakan kapsul medis. Delacourt menegur atas kenekatan Kruger, tapi saat Kruger dimarahi Delacourt, Kruger lepas kendali lalu membunuh Delacourt dengan menancapkan pecahan kaca yang ia pukul, ke leher Delacourt. Kruger tahu apa isi program yang ada di otak Max dan berencana untuk mengambil program itu untuk dirinya sendiri untuk memerintah Elysium. Kruger menyuruh anak buahnya untuk memasang exoskeleton versi militer-kelas atas (seperti yang dipasang ditubuh Max) pada dirinya sendiri, dan terus mengamuk mencari Max. Pada saat yang sama, anak buah Kruger membunuh sebagian besar pemimpin Elysium. Sementara itu, Max berhasil lolos sebelum program itu didownload dan membebaskan Frey dan Matilda. Menyadari bahwa kapsul medis hanya bekerja untuk warga Elysium, Max memutuskan untuk menggunakan program Carlyle untuk membuat semua orang di Bumi menjadi warga Elysium, termasuk Frey dan Matilda. Max membebaskan Frey dan Matilda dan menyuruh mereka untuk menuju permukaan dan menemukan kapsul medis. Kemudian Max bertemu dengan Spider dan anak buahnya, yang menyusul dari Bumi ke Elysium selama kekacauan itu, yang kemudian mereka menuju inti komputer utama Elysium. Tapi, mereka disergap oleh Kruger. Kruger dan Max berkelahi di atas jembatan. Selama perkelahian, Max menarik kabel exoskeleton yang tertancap otak Kruger. Lalu, Kruger mengikat tali yang ada di pakaiannya ke Max, dimana jika tali itu tertarik, maka granat yang ada di Kruger akan meledakkan mereka berdua,. Akhirnya Max melemparkan Kruger ke bawah, yang mana tali tersebut tertarik dan membuka granat dan Kruger yang jatuh akhirnya meledak dengan granat itu.


Spider dan Max pusat berhasil di data utama Elysium di mana Spider menyadari bahwa mengaktifkan program ini akan memicu enkripsi Carlyle dan membunuh Max. Max, yang sudah tahu, bicara dengan Frey untuk terakhir kalinya melalui walkie-talkie, kemudian mengaktifkan program itu sendiri. Saat ia meninggal, inti komputer me-reboot, mendaftar setiap penduduk Bumi sebagai warga Elysium. Presiden Patel, yang baru saja mendobrak masuk ke inti komputer dengan tim keamanannya, dan Presiden Patel tersingkirkan karena ia sudah bukan lagi warga Elysium. Polisi robot menolak untuk menangkap Spider, karena Spider kini menjadi warga Elysium. Kapsul medis akhirnya menyembuhkan Matilda. Sejumlah besar warga baru di Bumi kini diakui oleh komputer utama Elysium sebagai warga Elysium dan membutuhkan perawatan medis, pesawat medis secara otomatis dikirim ke Bumi untuk memulai pekerjaan mereka.

* Mohon untuk tidak copy-paste tulisan ini.

HOME | ABOUT | CONTACT |

Copyright © 2011 Archangel Home | Subscene | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER

ad size ad size ad size ad size
ad size ad size ad size ad size